Baliem Blue Coffee, Mau Coba? Yuk Datang Ke FBLB 2017

Festival Budaya Lembah Baliem di Kabupaten Jayawijaya, Papua telah menjadi salah satu ikon dunia pariwisata Papua yang sudah mendunia. Tercatat, tahun ini merupakan kali ke-28 festival tersebut digelar. Acara akan digelar selama tiga hari 8-10 Agustus 2017 mendatang.

Ada yang unik dari beberapa sajian kuliner pada saat festival ini digelar, salah satunya terletak pada secangkir kopi hitam yang beraroma dan sangat menggoda bagi siapa saja yang berkunjung ke Festival Budaya Lembah Baliem.

“Baliem Blue Coffee”, demikian kopi ini dinamai. Kopi ini bagi warga Kabupaten Jayawijaya memiliki nilai lebih karena tak hanya merupakan hasil racikan barista (pembuat kopi) asli Papua pertama, tapi juga hasil olah tanam dari para petani setempat. Jadi, bisa dibilang ini kopi asli Jayawijaya.

 

Kopi berjenis arabika organik ini dihasilkan oleh petani tradisional Papua dan merupakan kopi berkualitas kedua dari Jamaika Blue Coffee. Kopi arabika baliem ini dalam satu tahun hanya sekali panen, sedangkan proses pengolahan agar siap saji membutuhkan enam bulan, mengingat medan yang ditempuh untuk memanennya sangat sulit.

Dalam proses penanaman hingga panen, kesemuanya dilakukan di bawah naungan pihak Koperasi Baliem Arabika dimana telah disiapkan pula sumber daya manusianya untuk menanam, guna menjaga keaslian rasa kopi ini. Proses dari mulai biji kopi dipetik oleh petani hingga yang memproses kopi ini menjadi siap saji, semuanya dikerjakan oleh petani orang asli Papua.

Untuk sekadar diketahui, kopi Wamena Papua ternyata memiliki karakteristik yang serupa dengan kopi Jamaika yang sangat terkenal di dunia, Blue Mountain. Kopi Wamena Papua bercita rasa buah dengan kombinasi pahit yang sedang dan body yang juga tidak berat. Jadi anda para penggemar kopi, kenapa tak mencoba meluangkan waktu untuk datang ke Festival Budaya Lembah Baliem 2017 untuk mencicipi cita rasa Baliem Blue Coffee. Festival ini sama sekali tidak mematok biaya tiket masuk alias gratis. (FRP-TEKMEDIA)

sumber: papuanews.id