Danau Habema, Pesona Langka Lembah Baliem

Selain kekayaan budaya, Lembah Baliem juga memiliki banyak objek wisata alam. Salah satunya adalah Danau Habema. Letaknya sekitar 48 km, dari Kota Wamena dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.
Danau dengan nama asli Yuginopa ini terletak di kompleks Pegunungan Jayawijaya. Dengan ketinggian 3.225 mdpl, danau ini didaulat sebagai danau tertinggi di Indonesia. Oleh Masyarakat Dani, penduduk Jayawijaya, Danau Habema dianggap sebagai tempat keramat yang jadi sumber kesuburan dan kehidupan.
Di Danau Habema kita bisa melihat langsung Puncak Wilhelmina (sekarang namanya Puncak Trikora, namun warga lokal lebih suka memanggil nama aslinya) menjulang tinggi di depan mata. Di Puncak Trikora itulah terdapat salju khatulistiwa. Di sekitar danau terhampar padang rumput yang luas. Ada rumah semut yang dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif tergantung di beberapa pohon. Jika beruntung bisa menemukan burung endemik Papua, cenderawasih dan astrapia. Bahkan, anggrek hitam yang sudah langka terkadang masih bisa dijumpai di sekitar Danau Habema.
Kondisi alam Danau Habema terkadang berkabut, jarak pandang hanya sekitar belasan meter saja. Itulah mengapa danau ini juga dijuluki danau di atas awan. Danau Habema adalah pesona langka yang akan membuatmu takjub pada Lembah Baliem. Berpetualang ke Danau Habema akan terasa lengkap saat mengunjungi festival yang ditunggu-tunggu tahun ini, yaitu, Festival Budaya Lembah Baliem 2017. (FRP-TEKMEDIA)